Label:

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Teori-teori


2.1.1 Definisi Pemasaran

Pemasaran adalah suatu bagian perusahaan yang memegang peranan penting, suatu kegiatan yang bisa untuk mempertahankan kelangsungan suatu perusahaan, untuk mencapai tujuan utama perusahaan dan mendapatkan laba. Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).



2.1.2 Penjelasan Tentang Internet
Kemajuan tekonologi dalam bidang komputer dan telekomunikasi sangatlah pesat. Dengan internet para pelaku konsumen terbantu untuk memperoleh informasi apapun yang akurat dan jelas. 

Dengan pergantian zaman, lama kelamaan penggunaan internet berubah menjadi fungsi yang lain. Yaitu buisa berfungsi sebagai lahan bisnis. Seperti pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualnya berada di luar negeri. 

2.2 Hipotesis

hipotesis adalah sebuah taksiran atau referensi yang dirumuskan serta diterima untuk sementara yang dapat menerangkan fakta-fakta yang diamati ataupun kondisi-kondisi yang diamati dan digunakan sebagai petunjuk untuk langkah-langkah selanjutnya. (Good dan scates (1954))



Kegunaan hipotesis antara lain  :


1.           Hipotesis memberikan penjelasan sementara tentang gejala-gejala serta memudahkan perluasan pengetahuan dalam suatu bidang.

2.           Hipotesis memberikan suatu pernyataan hubungan yang langsung dapat diuji dalam penelitian.

3.           Hipotesis memberikan arah kepada penelitian.

4.           Hipotesis memberikan kerangka untuk melaporkan kesimpulan penyelidikan


Berdasarkan perumusan masalah di atas, rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Pemasaran melalui internet terhadap keputusan pembelian pada kaum remaja” 

Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah :

H1 : adakah pengaruh keputusan untuk membeli

H0 : Tidak ada pengaruh keputusan untuk membeli

2.3 Riset Terdahulu

Nurholis Rodiana, melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pelaksanaan Periklanan Melalui Internet Dan Pemasaran Melalui E-mail Terhadap Pemrosesan Informasi Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vida Pada PT.Sanmiguel Pure Foods Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk  mengkaji pengaruh pelaksanaan program produk di internet dan pemasaran produk vida Indonesia melalui e-mail terhadap pemrosesan informasi periklanan oleh pengguna internet. Teknik pengolahan datanya menggunakan uji validitas dan Realiabilitas , Korelasi dan Regresi . Hasil penelitiannya Pengaruh Program Periklanan terhadap Pemrosesan informasi menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dimana dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.000<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien sebesar 0.446. Hal ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan pemprosesan data sebasar 0.446. dan kesimpulannya Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis-hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa program periklanan dan pemasaran melalui e-mail produk Vida mempengaruhi pemprosesan informasi untuk pengguna internet . Namun untuk keputusan pembelian produk Vida hanya dipengaruhi pemasaran melalui email dan pemprosesan informasi sedang untuk program periklanan tidak mempengaruhi terhadap keputusan pembelian. 

Mujiyana, Sahni Damerianata, melakukan penelitian tentang  “Pengaruh Penerapan Periklanan Di Internet Dan Pemasaran Melalui E-mail Terhadap Pemrosesan Informasi Dan Keputusan Pembelian Oleh Konsumen”. Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji pengaruh pelaksanaan program periklanan produk di internet dan pemasaran produk melalui e-mail terhadap pemrosesan informasi periklanan oleh pengguna internet. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode Uji Reliabilitas dan Uji Validitas, Uji Normalitas, Uji Korelasi, dan Uji Regresi. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan maka di dapat rangkuman hasil penelitian untuk variabel pemrosesan informasi dan variabel keputusan pembelian. Untuk variabel pemrosesan informasi terdapat hubungan yang sangat kuat dan searah antara variabel periklanan di internet dan pemasaran melalui e-mail. Kesimpulannya adalah hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa berdasarkan sudut pandang para pengguna Internet, program periklanan melalui internet secara signifikan berpengaruh positif terhadap pemrosesan informasi, namun tidak demikian halnya dengan pemasaran melalui e-mail yang tidak terbukti atau tidak didukung dengan fakta bahwa akan mempengaruhi pemrosesan informasi dan persepsi pengguna Internet mengenai program periklanan melalui Internet dan pemasaran melalui e-mail menunjukkan bahwa program periklanan melalui internet terbukti belum dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk oleh konsumen secara langsung maupun tidak langsung melaui pemrosesan informasi.


2.4 Deskripsi Statistik

2.4.1 Metode Statistika

metode penganalisisan data yang  dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasian, menganalisa dan menginterprestasikan data sehingga dapat memberikan gambaran jelas mengenai masalah yang dihadapi (Sugiyono, 2003: 142)

Y = a + b1X1 + b2X2 + e
Y        : Keputusan pembelian

X1      : persepsi kualitas

X2      : asosiasi merek

a        : Konstanta

b1, b2 : Koefisien regresi yang hendak ditafsir

e        : Error term



 


0 komentar:

Posting Komentar