Metode Riset

Label:

KOMUNIKASI PEMASARAN

Jurnal pertama

Komunikasi pemasaran memiliki peran kunci dalam membentuk citra merek dan dalam meningkatkan penjualan sebuah merek. Ketatnya situasi persaingan usaha, perkembangan teknologi, dan perubahan perilaku konsumen membuat pemasar harus menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Strategi penempatan merek adalah salah satu strategi dalam komunikasi pemasaran terpadu. Strategi ini dinilai lebih efektif dibandingkan strategi komunikasi iklan melalui media televisi. Konsep strategi penempatan merek sudah ada sejak lama dan terus berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Dengan mempelajari, memahami dan mengimplementasikan strategi tersebut, perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien.

Sumber : Jurnal dari Staf Pengajar Universitas Kristen Petra Surabaya

Tema : Komunikasi Pemasaran
Latar belakang
Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan di dalam mengkomunikasikan berbagai macam produknya, pada umumnya menggunakan media iklan tradisional seperti iklan televisi, iklan koran serta majalah, iklan radio, dsb.  Kondisi tersebut sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia dimana wilayah Indonesia yang luas. 

Untuk mendapatkan efek yang besar maka perusahaan mengembangkan total marketing communication strategy dengan menerapkan semua aktivitas marketing, tidak hanya sekedar promosi tetapi juga melakukan komunikasi dengan para pelanggannya. Pemasar sadar bahwa persepsi konsumen terhadap suatu perusahaan ataupun merek produk merupakan sintesis dari seperangkat kontak yang konsumen alami dan pesan yang diterima oleh konsumen. Sehingga semua elemen pemasaran mulai dari bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi, event - event marketing.

Komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya.

Strategi brand placement adalah kegiatan – kegiatan penempatan nama merek, produk, kemasan produk, lambang atau logo tertentu dalam sebuah film, acara televisi ataupun media bergerak lain untuk meningkatkan ingatan audiens akan merek tersebut dan untuk merangsang terciptanya pembelian.

Pengertian lain dari brand placement adalah penempatan komersil yang dilakukan melalui program media tertentu yang ditujukan untuk meningkatkan visibilitas sebuah merek atau produk dan jasa. Penempatan yang dilakukan secara halus dan merupakan satu kesatuan dari media yang digunakan sehingga diharapkan visibilitas merek akan terangkat.

Masalah
Dapatkah perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk menjual setiap produkny ?

Tujuan
1.        diketahuiny penjelasan dari komunikasi pemasaran secara umum

2.     *  meningkatkan pengetahuan tentang strategi pemasaran merk

3.     *  meningkatkan pemahan tentang strategi memasarkan barang

jj  Jurnal kedua
Kompetisi dalam industri televisi Indonesia sangat ketat. Kompetisi tumbuh menjadi kebutuhan pelanggan di pasar atau program televion di setiap stasiun televisi. Karena stasiun televisi harus membuat strategi komunikasi pemasaran kepada publik dalam rangka program akan mendapatkan nilai yang baik atau berbagi penonton yang efek pendapatan.

PT Global Informasi BERMUTU (GlobalTV) mengubah strategi komunikasi pemasaran menjadi lebih positif sehingga mereka akan terus bertahan dalam persaingan. GlobalTV mengubah strategi komunikasi pemasaran nya, seperti segmentasi mereka sehingga berubah penonton dan logo.

Hasil penelitian bahwa komunikasi pemasaran strategi GlobalTV adalah dengan periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran langsung dan, public relations. Meskipun GlobalTV dapat meningkatkan profil di lebih komersial sebelum mereka mengubah logo, tapi GlobalTV masih memiliki apapun kelemahan dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran. Sugesst GlobalTV dalam melakukan strategi pemasaran komunikasi menjadi lebih berani, lebih unik, lebih agresif, tapi efektif, sehingga dapat compane dengan media lain.

Sumber : Jurnal dari Hadiono

Tema : Komunikasi Pemasaran

Latar belakang
Industri media masa adalah salah satu bidang usaha di Indonesia yang persaingannya sangat  ketat saat ini.  Era  industri televisi Indonesia dimulai oleh kehadiran Televisi Republik Indonesia (TVRI) tanpa iklan. Perkembangan televisi swasta Indonesia sendiri pada awalnya didorong oleh situasi monopoli di Televisi Republik Indonesia (TVRI) selama 27 tahun dan ketiadaan iklan di televisi sejak tahun 1980.

Kehadiran stasiun televisi baru pada saat ini tentu saja telah menambah ragam pilihan bagi para pemirsa, tetapi dengan berkembangnya bisnis televisi swasta di Indonesia membuat tingkat persaingan antar industri sejenis semakin ketat. Persaingan tersebut berkembang kearah kepedulian konsumen sasaran mengenai produk di pasar atau program-program acara yang ditayangkan masing-masing stasiun televisi.  Karena sebuah stasiun televisi juga dituntut untuk memperkenalkan atau mempromosikan program-program acaranya kepada publik.


Komunikasi pemasaran  memegang peranan yang sangat penting bagi pemasar. Tanpa komunikasi, konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Komunikasi pemasaran ini memerlukan ataupun menyedot dana yang sangat besar, oleh karena itu pemasar harus hati-hati dan penuh perhitungan dalam menyusun rencana komuniksi pemasaran.


Kenyataan ini mendorong GlobalTV untuk mengubah staretgi komunikasi pemasarannya ke arah yang lebih positif agar dapat tetap bertahan dalam persaingan dunia pertelevisian. Fungsi logo itu sendiri sebagai pembeda antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Logo dan citra perusahaan merupakan pembanding yang dipegang oleh publik atau khususnya konsumen dalam membedakan perusahaan yang satu dengan yang lainnya.

Masalah
Persaingan dalam dunia pertelevisian


Tujuan
1.             *  mengetahui strategi pemasaran dalam bidang pertelevisian
1.              * mengetahui perubahan strategi pemasaran GLOBAL TV

Jurnal ketiga
Hari ini, kita menghadapi pasar global kompetitif . Kita perlu melakukan sesuatu dengan penalaran  dan informasi yang mengacu pada ilmu komunikasi tidak hanya dengan insting, sehingga kita perlu melakukan strategis perencanaan komunikasi. proses perencanaan strategis menurut Smith adalah riset stategis adalah kegiatan pendahuluan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dan menganalisa situasi yang dihadapi. Ini dimulai dengan penelitian dan diakhiri dengan Penelitian juga sehingga kita dapat mencapai tujuan kita dan tujuan yang efektif. 

Sumber :  Jurnal dari Wina Puspita Sari, S.Sos

Tema : Komunikasi pemasaran

Latar belakang
komunikasi pemasaran adalah fungsi dalam manajemen yang memusatkan perhatian pada produk atau jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. empat tahap proses dalam komunikasi pemasaran yakni analisas lingkungan, identifikasi khalayak dan tujuan, pengembangan pendekatan strategis dam mengembangkan rencana implementasi. Dalam fase segmentasi pasar terdapat tiga tahap yaitu tahap analisis situasi, analisis organisasi dan publik. Situasi adalah satu set keadaan yang dihadapi oleh organisasi. Situasi memiliki makna yang sama dengan masalah. Sehingga analisis situasi adalah pernyataan tentang peluang dan hambatan yang dihadapi oleh program komunikasi. Tanpa adanya pernyataan situasi yang dihadapi dengan jelas dan dini maka efisiensi riset tidak dapat dilakukan. Definisi situasi ini dinyatakan dalam bentuk kata benda. Sedangkan yang termasuk dalam analisis organisasi meliputi aspek lingkungan internal, persepsi publik dan lingkungan eksternal yang dihadapi meliputi pesaing. maupun pendukung. Sedangkan analsis publik adalah identifikasi dan analsis publik-publik kunci dari berbagai kelompok orang yang berinteraksi dengan organisasi.


Masalah
pemasaran tidak hanya dengan isting saja tetapi harus dengan ilmu komunikasi juga


Tujuan
* Mengetahui tentang strategi perencanan komunikasi
* Mengetahui tentang komunikasi pemasaran

Jurnal Baru
Pada kenyataannya tidak semua konsumen mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhannya atau tidak menyadari adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhannya. Konsumen mungkin akan aktif mencari informasi tersebut. Pada sisi lain, produsen menyadari situasi tersebut sehingga berusaha mengirim dan menyebarkan informasi tentang produk kepada mereka

Meskipun telah mengetahui informasi, belum tentu konsumen akan memilih atau membeli kembali produk perusahaan. Produsen perlu membujuk dan mengingatkan selalu mereka agar bersedia membeli maupun memilih kembali produk perusahaan. Untuk semua itu produsen perlu melakukan kegiatan promosi dengan berkomunikasi kepada konsumen. Karena kegiatan promosi pada dasarnya adalah proses komunikasi antara produsen dengan konsumen, maka pemahaman komunikasi bagi produsen sangat diperlukan. 

Salah satunya adalah persaingan dalam industri pertelevisian, perkembangan dunia pertelevisian semakin lama semakin banyak ragamnya dan semakin sangat ketat. Masing- masing stasiun televisi menggunakan berbagai cara agar tetap bertahan di dunia pertelevisian. Agar tetap selalu bisa dinikmati oleh para pemirsanya. Dengan berbagai cara seperti promosi, periklanan, ataupun pemasaran langsung. 

Tema : Komunikasi Pemasaran
Latar belakang
komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan dan informasi pengiriman melalui suatu media kepada pihak penerima agar mampu memahami maksud pengiriman. Agar proses komunikasi pemasaran efektif perlu dipertimbangkan tentang penentuan tujuan, penentuan sasaran komunikasi, rancangan pesan.

Persaingan di dunia pertelevisian juga tidak kalah hebatny dengan persaingan di dunia perdagangan. Pertelevisian juga memiliki tujuan untuk berkomunikasi, sasaran komunikasi dan juga rancangan komunikasi. Persainganny tersebut berupa program acara yang masing – masing stasiun tivi tayangkan. Karena setiap stasiun tivi harus memperkenalkan program acarany kepada publik agar program tersebut menjadi program yang ditunggu tunggu para pemirsanya. Sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi yang berdampak pada pemasukan iklan. Karena iklan adalah pendapatan tertinggi dalam sebuah stasiun tivi.

Masalah
belum terlalu pahamnya komunikasi pemasaran

Tujuan
   * Mengetahui berbagai hal tentang komunikasi pemasaran
   * Mengetahui tentang komunikasi pemasaran dalam bidang pertelevisian

















      0 komentar:

      Posting Komentar