Plus Minus Makan Daging

       Apa sih sebenarnya untung rugi makan daging bagi kesehatan ? Menurut para ahli gizi , ada beberapa keuntungan dan kerugian mengkonsumsi daging . Daging mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melaksanakan fungsi metabolisme yang vital , seperti protein , lemak , vitamin dan mineral . Semua nutrisi ini bertanggunga jawab untuk menyediakan energi dan menjaga tubuh tetap sehat .
       Keuntungannya , antara lain karna kaya dengan protein . Protein memainkan berbagai peran penting untuk fungsi tubuh , antara lain pembangunan perbaikan jaringan tubuh dan pembentukan antibodi yang memerangi infeksi . Secara umum , 19-20 persen protein terdapat pada daging .
       Daging dianggap sebagai protein tinggi karena mengandung hampir semua asam amino esensial . Dengan begitu , makan daging juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan pemulihan sistem yang cepat . Selain itu , daging mengandung sejumlah mineral , terutama kaya akan zat besi , seng , dan selenium .
       Daging juga mengandung lemak . Kalau dimakan dalam porsi yang cukup . lemak ini bisa mencegah tubuh kita dari kanker dan virus berbahaya . Ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari lingkungan dan kondisi yang tidak menguntungkan . Tubuh ini juga membutuhkan lemak untuk perkembangan otak . Tapi . selain keuntungan tadi , makan daging tanpa diimbangi dengan makan buah , sayur dan berolahraga justru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh .
       Makanya kerugian makan daging diantara lainnya , daging tidak mengandung serat . Padahal tanpa serat berarti tubuh kita beresiko tinggi terhadap penyakit tertentu seperti kanker dan masalah jantung . Daging pun termasuk tinngi lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan . Ini merupakan musuh utama bagi pembuluh darah dan jantung .
        Tapi , kamu tidak usah khawatir , daging tetap perlu untuk kesehatan . Makanya , usahakan makan daging tidak setiap hari . 

sumber : majalah Gaul

0 komentar:

Posting Komentar